Sabtu, 03 Desember 2016


Minuman

1. Es Ciming


          Satu kuliner asal Purwakarta, Jawa Barat yang gaungnya tidak asing bagi warga setempat adalah Es Ciming. Jajanan yang diracik warga Tionghoa di Kota Tasbeh itu merupakan jenis es yang dicampur dengan formula khas.

Es Ciming bisa dijumpai persis di Jalan Sudirman, atau tepatnya berada di antara lokasi Pasar Mambo dan Pasar Jumat Kota Purwakarta. Dulu jajanan ini dikenal sebagai es Shanghai. Namun kemudian namanya berubah menjadi Es Ciming, sesuai nama pembuatnya Ko Ciming.  


2. Cendol 



    merupakan minuman khasIndonesia yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan diJawa Tengah dikenal dengan nama es dawet.



3. Es kado atau es gogo


Es kado ini memang sudah langka untuk dijual, tetapi disekitar daerah purwakarta – karawang masih banyak yang berkeliling memaikai gerobak untuk berjualan. Jadi jangan heran kalu kamu suka melihat pedagang es kado di pinggir jalan. Es ini dinamakan es kado karena es ini sebelum disajikan dibungkus terlebih dahulu menggunakan kertas kado, nah baru deh kalo ada yang beli, es ini dipotong sesuai ukuran dan dibuka bungkus kadonya.

4. Es Nyoklat


          Akhir-akhir ini disekitar daerah purwakarta – karawang lagi hitzz Nyoklat guys. Jadi kalo kamu belum ngerasain apa itu nyoklat pasti kamu bakal penasaran. Nyoklat juga disediakan berbagai rasa ada coklat keju, coklat susu, coklat cola,coklat kacang dan lain-lain. Nyoklat ini biasanya di jumpai di pinggir jalan dan biasanya Nyolat ini banyak yang minat, jadi jangan heran kalo lo semua harus sabar mengatri.

5. Minuman kawista madu   
    khas Karawang


          Rengasdengklok - Karawang. Kawista (Limonia acidissima syn. Feronia limonia) adalah buah yang masih kerabat dengan buah maja dan termasuk dalam suku jeruk-jerukan. Merupakan buah yang memiliki kulit buah yang keras dan jika buahnya matang mempunyai rasa dan wangi yang khas. Kawista mengandung cola sehingga banyak yan menyebutkan 'Java Cola', di beberapa daerah mempunyai nama yang berbeda, misalnya buah batok (aceh), kwisto/kawis (jawa) dan lainnya. Jadi minuman kawista cocok untuk kamu yang sedang berada di daerah karawang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar